Senin, 11 Maret 2013

Filsafat Umum


Untuk semua hal yang diperlukan untuk saya bertindak atas keyakinan saya. Sebuah keyakinan
yang tidak akan berhenti bertindak menjadi keyakinan.
Peirce menunjukkan bahwa keyakinan dapat diperoleh tidak hanya sebagai akibat dari serangkaian benar-benar mengalami pengalaman, namun atas dasar suatu latihan imajinasi. Dalam hal ini satu situasi datang untuk mengadopsi keyakinan atas dasar mempertimbangkan mungkin kasus yang kepercayaan mungkin berlaku.
Sebuah imajinasi belaka bereaksi dalam cara tertentu tampaknya mampu setelah pengulangan berbagai menyebabkan jenis dibayangkan Reaksi benar-benar untuk membuat tempat pada selanjutnya kejadian dari stimulus. Dalam pembentukan kebiasaanindakan yang disengaja, kita bisa membayangkan terjadinya stimulus, dan berpikir apa hasil tindakan yang berbeda akan. Salah satu ini akan tampak sangat memuaskan, dan kemudian sebuah aksi jiwa mengambil tempat yang baik dijelaskan dengan mengatakan bahwa modus Reaksi "menerima sengaja stempel persetujuan.

Peirce memberikan contoh kedua jenis situasi:
Saya juga ingat ketika aku masih kecil, dan adikku Herbert, sekarang kita menteri di Christiania, sangat langka lebih dari seorang anak, satu hari, sebagai seluruh keluarga berada di meja, beberapa semangat dari "blazzer" atau "lecet-Piring"drepped pada gaun-musly salah satu wanita dan membakar; dan bagaimana ia segera melompat dan melakukan hal yang baik saja, dan bagaimana terampil setiap gerakan yang diadaptasi untuk tujuan. Aku bertanya padanya sesudahnya tentang hal itu, dan dia bilang sejak kematian Mrs. Longfellow, itu adalah bahwa ia sering berjalan selesai dalam imajinasi semua rincian dari apa yang seharusnya dilakukan sedemikian darurat. Itu adalah contoh mencolok dari kebiasaan yang nyata yang dihasilkan oleh latihan di imajinasi.

Tidak ada komentar: