Kamis, 18 Februari 2016

Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Assalamu’alaikum wr wb,
    Alhamdulillahi robbil alamin , Allahuma shali’ala Muhammad wa ali Muhammad, kepada bapak ibu dan dewan juri yang saya hormati serta teman teman saya yang saya cintai. Perkenankan saya pada kesempatan kali ini dalam lomba da’i kecil pada program acara Kuliah Pengabdian Masyarakat yang di adakan oleh mahasiswa Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah. saya akan membawakan tema Pos pemberdayaan keluarga berbasis masjid berjudul 
“Berbuat baik kepada orang tua.”
     Orang tua adalah mereka yang melahirkan, membesarkan dan mendidik kita hingga hari ini. Kasih sayangnya tidak pernah mengharapkan balasan. Mereka selalu memberi cinta kasih kepada kita sepanjang hari, kesabarannya atas kenakalan kita tidak pernah mengurangi keikhlasan dalam membesarkan kita. Nabi kita Muhammad SAW walaupun beliau tidak pernah merasakan kasih sayang langsung orang tua kandungnya tetapi beliau selalu menyeru dalam sabdanya :
“Wa bil walidaini ikhsana” yang artinya dan kepada bapak ibu berbuat baiklah. Karena tanpa orang tua yang membimbing maka anak-anak kecil akan mudah tergelincir. Perbuatan baik  yang dimaksud bahwa kita harus menghormati, dan tidak berbuat kasar. Kalaupun kita tidak setuju dengan apa yang dikatakan atau diperintah orang tua maka kita dapat menolak dengan baik. Yaitu dengan berkata sopan dan bersikap baik.
    Teman-teman perintah rasul Muhammad saw ini  harus kita amalkan dan dilestarikan sepanjang hidup kita. Karena kita nanti juga akan menjadi orang tua, seperti mereka. Demikian teman-teman tausyiah yang saya bawakan wa bilahi taufik wal hidayah Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar: