Senin, 22 Februari 2016

Catatan Sekolah

Catatan Sekolah
·         Ibadah dibagi menjadi 2 :
   a)    ibadah mahdhoh, misal ; sholat, puasa, zakat dan haji.
   b)    ibadah ghoiru mahdhoh, misal ; mencari nafkah, bekerja, berdagang, mengajar.
·         Jadikanlah kitab kuning dikesunyian sebagai teman dan dikala pengasingan  juga kesendirian.
·         Proses keberagamaan seorang muslim adalah : mengetahui, memahami, menghayati, dan mengamalkan.
·         Orang hafal pasti ada manfaatnya, semua hafalan pasti ada arti dan gunanya.


·         Orang yang cinta pada Allah dan dicintai oleh Allah, maka orang tersebut tidak akan berbuat jelek pada orang lain.
·         Mencintai makhluq melebihi cinta kepada Allah hukumnya haram, karena Allah maha pencemburu, menduakan Allah berarti telah berbuat syirik.
·         Cinta kepada Allah berarti selalu butuh kepada-Nya, bagaikan bayi yang selalu dicari dan dibutuhkan adalah ibunya.
·         Orang yang sudah benar-benar tawakkal pada Allah dan Rasul-Nya bagaikan burung yang pergi dengan perut kosong dan pulang dengan perut kenyang.
·         Jangan biarkan waktu luangmu untuk sesuatu yang tidak ada manfaatnya, kalau tidak pikiranmu yang berpikir ya badanmu bekerja.
·         Ilmu itu bagaikan senjata, senjata untuk mensiasati hidup, menata kehidupan, membentuk karakter dan watak,kalau sudah terbentuk (mendapat ilmu) maka cara pandang hidup akan sesuai petunjuk Allah.
·         Menurut cerita tabi’in yang bermimpi bertemu sahabat dan bertanya keadaan para sahabat dan tentang apa yang menyebabkan para sahabat masuk syurga adalah Husnudzon Billah (berperasangka baik pada Allah).

Tidak ada komentar: