Selasa, 17 Februari 2015

AKHLAQ - ANCAMAN TERHADAP ORANG YANG MENUNDA PEMBAYARAN HUTANG

BAB 7
ANCAMAN TERHADAP ORANG KAYA YANG MENUNDA-NUNDA PEMBAYARAN HUTANG

1.       Rasulullah saw bersabda : “orang kaya yang menunda pembayaran adalah penganiayaan, dan apabila dialihkan pembayaran salah seorang dari kalian, kepada orang kaya, maka hendaklah ia mengkutinya.” (HR. Bukhori dan Muslim)
Keterangan :
Hadits diatas menunjukkan bahwa orang yang mampu dan kuasa membayar hutang diharamkan mengulur-ulur waktu pembayaran. Berbeda dengan orang yang memang belum ada kemampuan untuk membayar, maka ia diperbolehkan menunda pembayaran sampai ada kemampuan.
2.       Rasulullah SAW. bersabda : “Allah tidak senang kepada orang kaya yang sangat zalim, orang tua yang sangat bodoh dan orang fakir yang sombong.” (HR. Bazzar dan Thabrani)
3.       Khaulah, anak perempuan Qais, berkata “ Rasulullah SAW.  mempunyai tanggungan satu wasaq (40 gantang) kurma kepada seorang lelaki dari Bani Sa’idah. Maka orang itu datang kepada beliau untuk menagihnya. Lalu rasulullah saw menyuruh lelaki dari golongan anshar supaya membayarnya. Orang anshar itu membayar dengan kurma yang kurang dari kurma penagihnya. Maka ia menolak untuk menerimanya. Lalu Anshar itu berkata “Apakah kamu kembalikan kepada Rasulullah SAW.?.” Dia berkata, “Betul, dan siapakah yang lebih berhak berbuat adil daripada Rasulullah SAW?” Maka bercelaklah kedua mata Rasulullah SAW dengan air matanya, kemudian beliau bersabda, “Benarlah ia, dan memang siapakah yang lebih berhak berbuat adil daripada aku?” Semoga Allah tidak mensucikan ummat dimana orang yang lemah tidak dapat mengambil haknya dari orang kuat, sedang ia tidak menyusahkannya. Kemudian beliau bersabda “Wahai Khaulah, berjanjilah dan bayarlah ia, karena sesungguhnya tidak ada orang yang berpiutang keluar dari orang yang berhutang dengan rela kecuali didoakan oleh hewan-hewan daratan dan ikan dilautan. Dan tidak ada seorang hamba pun yang menangguhkan kepada orang yang memberi hutang padahal dia mampu membayar kecuali Allah mencatat dosanya siang dan malam.” (HR. Thabrani)

LATIHAN SOAL



1.       Orang kaya yang menunda pembayaran adalah ….
2.       Apakah perbedaan hukum menunda-nunda bagi orang yang mampu membayar hutang dan orang yang belum ada kemampuan membayar? Jelaskan!
3.       Allah SWT tidak suka pada 3 orang dibawah ini :
·          اَلْغِنَى الظَّلُوْمُ           : artinya ….
·          اَلشَّيْخُ الْـجَهُوْلُ       : artinya ….
·          اَلْفَقِيْرُ الْمُخْتَالُ    : artinya ….

Tidak ada komentar: