Sabtu, 07 Februari 2015

KITAB JIHAD BAB 17


MEMOHON SUPAYA MATI SYAHID

Firman Allah, “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezeki. Mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan kepada mereka, dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum mnyusul mereka, bahwa tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih.” (QS. Ali Imran : 169-170)

قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يُغْفَرُ لِلشَّهِيْدِ كُلُّ ذَنْبٍ إِلَّا الدَّيْنَ (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)
1)     Rasulullah SAW bersabda : “Diampuni orang yang mati syahid segala dosanya kecuali hutang.” (HR. Muslim)
Keterangan :
Diantara keutamaan orang yang mati syahid ialah diampuni semua dosanya kecuali hutang. Sebab hutang ini hak adami yang harus diselesaikan sesuai dengan hak-hak adami pula ketika masih hidup atau diselesaikan oleh ahli warisnya.

2)     Rasulullah SAW bersabda : “Tidak seorang pun telah masuk surga, ingin kembali kedunia walaupun bagaimana besar kekayaannya di dunia, kecuali orang yang mati syahid. Dia mengharapkan kembali ke dunia hingga di bunuh kembali sepuluh kali dalam (perang fi sabilillah). Karena kemuliaan yang dilihatnya (yang diberikan kepadanya).” Dalam riwayat lain, “karena melihat keutamaan mati syahid.” (HR. Bukhari dan Muslim)

قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اَلشَّهِيْدُ يُشْفَعُ فِيْ سَبْعِيْنَ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ (رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ)
3)     Rasulullah SAW bersabda : “Orang yang mati syahid diberi syafaat (pertolongan) di dalam tujuh puluh dari keluarganya.” (HR. Abu Dawud)

4)     Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa mati syahid minta kepada Allah dengan kesungguhan, niscaya Allah akan menyampaikannya ke tingkat orang-orang yang masti syahid, walaupun ia mati di tempat tidurnya.” (HR. Muslim)

Tidak ada komentar: