Rabu, 18 Februari 2015

AKHLAQ - 'ARIYAH


BAB 16
ARIYAH (PINJAMAN)
ANCAMAN TIDAK MEMBAR PINJAMAN SESUATU YANG SANGAT DIBUTUHKAN MANUSIA

Firman Allah : “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya’, dengan enggan (menolong dengan) barang-barang berguna.” (QS. Al Maa’uun: 4-7)

1.       Ibnu Mas’ud berkata “Al Maauun” ialah cangkul, timba, periuk dan sebangsanya. Ini adalah riwayat dari Ibnu Abbas dan menunjukkan apa yang telah diriwayatkannya, dia berkata “Kami mengira “Al Maa’uun” pada masa Rasulullah SAW adalah meminjamkan timba dan periuk. (HR. Abu Dawud)

Keterangan :
Sebagian ahli tafsir mengartikan “Al Maauun” adalah enggan membayar zakat.

2.       Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk, untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manusia meluangkan waktu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka itulah orang-orang yang aman dari siksa Allah.” (HR. Thabrani)

Keterangan :
Sesungguhnya Allah menciptakan manusia supaya mereka saling mengisi dalam segala kebutuhannya. Mereka saling bergantung antara satu dengan lainnya. Itulah sebabnya mengapa manusia hidup selalu dalam kelompok atau dalam masyarakat. Mereka tak bisa dipisahkan dari masyarakat. Yang demikian ini karena Allah menciptakan mereka supaya saling meluangkan waktu untuk saling membantu dan menutupi kebutuhan mereka bersama.
Orang yang mau saling membantu antara sesame didalam segala kebutuhan mereka, adalah orang yang dijamin Allah aman dari siksa-Nya.


Tidak ada komentar: