Rabu, 11 Februari 2015

MENATA HATI DALAM BERGAUL



Bergaul adalah pergaulan dari hati ke hati yang penuh keikhlasan. Pergaulan yang penuh rekayasa dan tipu daya demi kepentingan yang bernilai rendah tidak akan pernah langgeng dan akan cenderung menjadi masalah.
Rambu-rambu pergaulan yang patut kita perhatika yaitu :
1.      Hindari penghinaan
Jangan pernah melakukan apapun yang bersifat merendahkan, ejekan dan penghinaan dalam bentuk apapun baik tentang kepribadiannya, postur tubuhnya, maupun keadaan sosialnya. Akibat dari perbuatan ini adalah rasa sakit hati dan dendam. Untuk itu, berusahalah menahan diri dari mengomentari.
2.      Hindari ikut campur urusan pribadi
Hindari pula ikut campur urusan pribadi seseorang yang tidak ada manfaatnya jika kita terlibat. Karena setiap orang punya urusan pribadi yang sangat sensitive. Yang bila diusik niscaya akan memunculkan ketidak sukaan salah satu pihak.
3.      Hindari memotong pembicaraan
Bila kegemaran kita memotong dan memojokkan orang yang sedang berbicara dengan kita tanpa alasan dan kondisi yang tidak tepat, niscaya akan timbul ketidak sukaan dan dapat berlanjut menjadi kebencian.
4.      Hindari membandingkan
Sedikitpun, jangan sekali-kali secara sengaja kita membandingkan baik itu berupa jasa kebaikan, penampilan, harta dan kedudukan.
5.      Hati-hati dengan marah
Kemarahan yang tidak terkendali biasanya menghasilkan kata dan perilaku yang keji. Sudah seharusnya kita melatih diri mengendalikan kemarahan. Juga tak usah sungkan untuk meminta maaf andaikata ucapan terasa berlebihan.


Dikutip dari
Abdullah Gymnastiar

Tidak ada komentar: