Kamis, 12 Februari 2015

AKHLAQ - ANJURAN MEMBERI HUTANGAN


BAB 8
ANJURAN MEMBERI HUTANGAN

1.       Rasulullah SAW bersabda : “Setiap pemberian hutang adalah sedekah.” (Kasyful Ghummah, hal. 12, jilid II)
Keterangan :
Walaupun hutang itu mesti dibayar, namun orang yang memberikan hutang kepada orang yang membutuhkan, termasuk sedekah. Jadi berarti mendapat pahala dari Allah.
2.       Rasulullah SAW bersabda : “Ketika di isra’kan kulihat tulisan dipintu syurga.” Sedekah itu dilipatkan sepuluh kali lipat. Sedang memberi satu hutang dilipatkan dua belas kali lipat.” Aku bertanya, “Wahai Jibril, mengapa sedekah ini digandakan sepuluh kali, dan hutang menjadikan dua belas kali?” Jibril menjawab, “Karena sedekah bisa terjadi pada orang kaya dan orang faqir. Sedangkan hutang tidak terjadi kecuali pada orang yang membutuhkannya.” (Kasyful Ghummah, hal. 12, jilid II)
Keterangan :
Hadits diatas menunjukkan bahwa memberi hutang itu lebih utama daripada memberikan sedekah. Sebab memberikan hutang itu biasanya kepada orang yang sangat mebutuhkan, sedang mengeluarkan sedekah itu bisa terjadi kepada orang kaya dan orang miskin. Padahal orang yang mesti kita bantu adalah orang yang sangat membutuhkan.
Demikianlah ajaran islam yang menganjurkan kepada ummatnya agar suka tolong menolong antara sesama, saling membantu, bahu membahu, berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Kalau ada teman atau tetangga yang minta bantuan atau akan meminjam, maka jika ada kemampuan, pinjamilah ia agar kebutuhannya dapat terpenuhi. Amatlah naïf kalau ada orang meminjam lalu ditolak padahal ia mampu meminjami. 


LATIHAN SOAL


1.       (كُلُّ قَرْضٍ صَدَقَةٌ  ) Arti dari hadits disamping adalah ….
2.       Kenapa memberi hutangan mendapat pahala dari Allah? Jelaskan!
3.       Tulisan apakah yang Rasul lihat dipintu syurga ketika beliau di isra’kan?
4.       Jelaskanlah kenapa balasan bersedekah lebih sedikit kelipatannya daripada memberi hutang?
5.       Bagaimana hukumnya orang yang mampu memberi hutang (meminjami) akan tetapi menolak orang yang akan berhutang(pinjam)? Jelaskan!

Tidak ada komentar: