Kamis, 12 Februari 2015

AKHLAQ - KITAB HIJR


BAB 1
KITAB HIJR
ANJURAN MEMELIHARA ANAK YATIM DAN BERLAKU BAIK TERHADAPNYA

1.       Rasulullah SAW bersabda : “Saya dan orang yang memelihara anak yatim ada didalam syurga demikian ini.” Beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah seraya merenggangkan keduanya. (HR. Bukhari)
Keterangan :
Hadits diatas menunjukkan betapa mulia orang yang mengasuh dan memelihara anak yatim. Derajatnya sama dengan Rasulullah SAW hanya terpaut sedikit saja, sebagaimana isyarat beliau itu.

2.       Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa mengasuh anak yatim dari golongan orang islam, sampai kepada makanan, dan minumannya, maka Allah pasti memasukkannya kedalam syurga, kecuali ia berbuat dosa yang tidak bakal diampuni.” (HR. Turmudzi)
Keterangan :
Betapa mulia orang yang memelihara anak yatim. Allah SWT membalasnya dengan syurga selama ia tidak berbuat dosa yang tidak dapat diampuni. Seperti dosa menyekutukan Allah, bunuh diri, dan lain sebagainya.

3.       Rasulullah SAW bersabda : “Sebaik-baik rumah orang islam adalah rumah yang didalamnya ada anak yatim yang disantuni dengan baik. Dan seburuk-buruk rumah orang islam adalah rumah yang didalamnya  ada anak yatim yagn diperlakukan dengan jelek.” (HR. Ibnu Majah)

4.       Rasulullah SAW bersabda : “Demi dzat yang telah mengutusku dengan hak, pada hari kiamat Allah tidak menyiksa orang yang belas kasih kepada anak yatim dan lemah lembut kepadanya dalam ucapan, dan ia kasihan terhadap kesusahan serta kelemahannya, dan ia tidak sombong kepada tetangganya karena kelebihan yang diberikan oleh Allah kepadanya.” (HR. Thabrani)

Tidak ada komentar: