Sabtu, 07 Februari 2015

KITAB HAD BAB 6


ANJURAN MENJAGA KEMALUAN
1. Rasulullah SAW bersabda : “Tujuh golongan dimana Allah akan memberi naungan kepadanya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: (pemimpin) yang adil, pemuda yang tumbuh didalam pengabdian (ibadah) kepada Allah SWT, orang lelaki yang hatinya selalu digantungkan kepada masjid, dua orang lelaki yang saling mencintai karena Allah, baik waktu berkumpul atau berpisah, orang lelaki yang diajak (berzina) oleh wanita bangsawan lagi cantik, kemudian ia berkata,”Sesungguhnya aku takut kepada Allah,” dan orang lelaki memberikan sedekah kemudian ia samarkan sedekah itu hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang di infaqkan (sedekahkan) tangan kanannya, dan orang lelaki yang berzikir (ingat) kepada Allah sehingga bercucuran kedua matanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Keterangan:
Ada 7 golongan manusia, kelak pada hari kiamat dijamin Allah mendapat naungan dibawah bayangan arsy-Nya. Pada waktu itu keadaan sangat panas, matahari terlalu dekat dengan kepala, namun tidak ada sesuatu naungan pun kecuali naungan-Nya. Mereka itu ialah:
1.      Pemimpin yang adil, adil didalam melaksanakan hak-hak Allah dan adil dalam melaksanakan hak-hak rakyatnya.
2.      Pemuda yang dalam masa perkembangannya sesalu beribadah kepada Allah.
3.      Orang yang sangat mencintai masjid dan aktif mengikuti shalat berjamaah.
4.      Dua orang yang saling mencintai karena Allah semata. Mereka berkumpul atau berpisah (mati) hanya karena Allah.
5.      Orang lelaki yang dirayu wanita bangsawan lagi cantik untuk melakukan perzinaan, tetapi rayuan itu ditolak karena takut kepada Allah. Golongan inilah yang menjadi bahasan dalam bab ini.
6.      Orang yang bersedekah secara rahasia, hingga dapat dikatakan orang yang berada disebelah kirinya pun tidak mengetahui ia telah mengeluarkan sedekah.
7.      Orang yang dalam waktu-waktu sepi, jauh dari penglihatan orang, berzikir kepada Allah hingga mengucurkan air mata.

Tidak ada komentar: