Sabtu, 07 Februari 2015

KITAB HAD BAB 5


ANCAMAN BERZINA
Firman Allah dalam surat Al Isra’ ayat 32 : “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.”
1. Rasul bersabda: “Seorang tidak berzina ketika ia beriman, seorang tidak mencuri ketika ia beriman, dan tidak minum tuak ketika akan meminumnya ia beriman.” (HR.Bukhari & Muslim)
Keterangan:
Seorang tidak akan berzina seandainya pada waktu akan berzina sempurna imannya. Demikian pula seorang tidak akan mencuri atau minum tuak seandainya pada waktu akan mencuri atau minum, sempurna imannya. Lantaran pada waktu itu ia tidak sempurna imannya atau hilang rasa keimanannya, maka terjadilah suatu pelanggaran yang dilarang Allah.
Hadist diatas merupakan suatu peringatan agar kita menjauhi dan sekaligus meninggalkan perbuatan maksiat, khususnya perzinaan. Sebab dengan melakukan kemaksiatan, berarti rasa keimanan kita sudah hilang, atau iman kita tidak sempurna. Sebaliknya, jika kita dapat mencegah dan menjauhi segala kemaksiatan, berarti kita termasuk golongan orang-orang yang sempurna imannya.
2. Rasul bersabda: “Zina itu mengakibatkan kemiskinan.” (HR.Baihaqi)
Keterangan:
Banyak sekali akibat negatif yang timbul dari perzinaan. Diantaranya bisa menyebabkan kemiskinan. Oleh sebab itu Rasul menganjurkan umatnya segera nikah kalau sudah mampu. Sebab dengan nikah kita bisa mencari kekayaan, sebagaimana disebutkan dalam hadist lain yang artinya: “Carilah kekayaan dengan nikah.” Bukankah nikah itu merupakan benteng yang kokoh untuk mencegah perzinaan? Itulah sebabnya Rasul menganjurkan nikah. Sebab dengan nikah orang akan lebih mudah menghindari perzinaan.
3. Rasulullah SAW bersabda : “Orang yang selalu tetap dalam perzinaan seperti penyembah berhala.” (HR. Al Kharaithi)
4. Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya orang-orang yang berzina, diwajah mereka akan menyala-nyala api.” (HR. Thabrani)
5. Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya langit ketujuh dan bumi ketujuh sangat melaknat orang tua yang berzina. Dan sesungguhnya kemaluan orang-orang yang berzina itu sangat menyakitkan kebusukan baunya kepada ahli neraka.” (HR. Bazzar)
6. Rasulullah SAW bersabda : “Orang yang berzina dengan istri tetangganya, pada hari kiamat tidak akan dilihat Allah dan tidak akan disucikan. Allah berkata kepadanya,”Masuklah kamu ke neraka bersama orang yang masuk.” (HR. Ibnu Ubay dan Al Kharaithi)

Tidak ada komentar: