Rabu, 11 Februari 2015

MENAHAN MARAH



Menahan marah memang tidak mudah sebab marah itu godaan syaitan. Berikut ini tips menahan marah agar saat marah tidak mudah meledak :
1.      Hindari penyebab marah, missal kalau sedang suntuk dan akan marah bila diganggu teman usil, maka sementara menyendiri atau menjauhi teman-teman yang suka usil.
2.      Mawas diri, catatlah sikap kita saat marah yang dapat menyakiti orang lain misalnya bicara seenaknya sendiri, melempar barang, bicara kotor, memaki orang sekitar, dll, tujuannya mengurangi sikap tersebut. Catat pula sikap yang baik saat marah, misalnya istighfar, diam, tenang, berwudhu untuk pengukuhan diri.
3.      Rileks sejenak, pejamkan mata, menikmati udara segar diluar ruangan atau jalan-jalan agar dapat meredamkan amarah ataupun emosi.
4.      Mengambil nafas panjang dan menghembuskan dengan pelan-pelan, lakukan berulang-ulang sampai detak jantung kembali normal.
5.      Minum air putih secukupnya.
6.      Seperti yang dianjurkan Rasulullah Muhammad SAW, bila marah ambilah posisi duduk, kalau masih marah berbaringlah, bila masih marah juga berwudhulah. Dan kalau masih ingin marah sholatlah dan membaca al Qur’an, isnya Allah syaitan yang membuat kita marah lari terbirit-birit.

Tidak ada komentar: