Sabtu, 07 Februari 2015

KITAB HAD BAB 14


ANCAMAN MELAKUKAN PEMBERONTAKAN
إِنَّمَا السَّبِيْلُ عَلَى الَّذِيْنَ يَظْلِمُوْنَ النَّاسَ وَيَبْغُوْنَ فِي الْأَرْضِ بِغَيْرِ الْحَــِقّ أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيْمٌ
Firman Allah SWT : “Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas dimuka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih.” (QS. Asy Syuura: 42)
1)     Rasulullah SAW bersabda : “Tidak ada dosa yang lebih patut untuk disegerakan siksanya di dunia oleh Allah beserta apa yang di simpan olehnya di akhirat daripada melakukan pemberontakan dan memutuskan tali persaudaraan.” (HR. Turmudzi)
2)     Rasulullah SAW bersabda : “Tidak ada sesuatu yang dimurkai Allah dan Dia mempercepat siksanya, daripada pemberontakan. Dan tidak ada sesuatu yang apabila Allah ditaati bisa mempercepat pahalanya daripada menyambung persaudaraan. Sedang sumpah yang dusta itu menjadikan rumah-rumah kosong tidak berharta.” (HR. Baihaqi)
Keterangan :
“Al Baghyu” artinya penganiayaan. Orang yang melakukan penganiayaan disebut “Al Baaghi”. Menurut istilah para ulama’ kata “Al Baaghi” adalah orang yang menyalahi dan berpaling dari pemimpin negara yang adil serta tidak mentaatinya dengan menolak apa yang menjadi kewajiban atasnya. Para pemberontak yang demikian ini dapat diperangi, namun mereka itu tidaklah kafir.

Tidak ada komentar: